Tuesday, November 30, 2010

Yang penting niatnya..

Idul adha taun ini ada dua versi,, versi arab dan versi indonesia.. idul adha versi arab dilaksanakan pada hari rabu,, sedangkan versi indonesia dilaksanakan pada hari kamis.. Nah saya mengikuti yang versi arab karena satu dan lain hal.. lalu pada hari rabu saya pagi saya keliling2 lah sekitar daerah rumah saya dan ternyata saya tidak menemukan tempat untuk sholat idul adha hari itu,, jadilah saya tidak sholat pada hari itu.. Pada malam harinya terjadilah obrolan dengan seorang temen saya kurang lebih seperti ini dialognya..

L:kak lebaran kapan?
K:klo saya ikut yang hari ini..kamu kapan??
L:aku sih yang kamis,,sholat dong tadi??
K:engga euy,,tadi muter2 keliling sekitar rumah ampe leuwipanjang dan sekitarnya tapi ga nemu yang ngadain sholatnya..
L:lah piyo toh..jadi ga sholat id dong??
K:sholat id tapi jadi masbuk,,masbuknya hari kamis.. boleh ga ya kaya gtu..hmm..aku ga tau eh..boleh ga sih??
L:mbuh aku yo ra ngerti,,ra popo lah,, seng pentingkan allah tau niatnya baik..
K:ya..

setelah pembicaraan itu terus saya jadi teringat saya sering mendengar perkataan seperti itu.. yang penting niatnya.. iyah.. saya pun setuju dengan perkataan seperti itu yang penting niatnya,, namun terkadang yang penting niatnya itu tidak ditempatkan pada tempatnya.. terutama ketika seseorang diberitahu atau dikritik ttg ibadah yang dia lakukan,, banyak sekali yang entah menggampangkan dengan mengucapkan yang penting kan niatnya.. sebenarnya tidak masalah sih untuk beberapa hal.. namun terkadang untuk ibadah yang sudah ada aturannya menurut saya sih ga bisa dengan santainya kita bilang yang penting kan niatnya.. kita gak bisa bilang dengan santai yang penting kan niatnya setelah mengerjakan sholat shubuh 4 rakaat.. yah intinya sih jangan terlalu tak ambil pusing klo bisa teliti dulu ibadahnya klo emang bukan termasuk yang ada aturan bakunya boleh lah kita bilang yang penting niatnya,, tapi klo tidak..

tujuannya sih sederhana,, klo saya sih agar tidak terlalu menggampangkan suatu bentuk ibadah yang baru yang kalo udah mendarah daging dan jadi tradisi padahal salah susah untuk di hilangkan..

“Barangsiapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini (Islam), dengan apa-apa yang tidak ada padanya maka itu tertolak.” HR. Bukhari No. 2550. Muslim No. 1718. Abu Daud No. 4606. Ibnu Majah No. 14. Ahmad No. 24840. Lafaz ini milik Bukhari.

No comments:

Post a Comment